Lembar Kerja Siswa 3.5.3
Jumat, April 12, 2019
KI. 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI. 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI. 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
3.5. Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.3 Mengkreasikan/ mencipta konsep integrasi
sosial untuk menjawab masalah-masalah sosial kekinian dalam mewujudkan
kehidupan damai
PETUNJUK!
1. Bacalah artikel yang berjudul “Studi Tentang Integrasi Sosial”!
2. Bacalah artikel yang berjudul “Ilmu Padi”!
3. Buatlah karya tentang “Padi Ikat” sebagai representasi dari konsep
integrasi sosial!
Langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek dalam menghasilkan
konsep integrasi sosial berbasis kearifan lokal, sebagai berikut!
Tabel. Langkah kerja
LANGKAH KERJA
|
AKTIVITAS SISWA
|
Pertanyaan Mendasar
|
Mendiskusikan konsep padi ikat sebagai representasi konsep
integrasi sosial
|
Mendesain Perencanaan Produk
|
Menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi
pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
|
Menyusun Jadwal Pembuatan
|
Menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas
waktu yang telah ditentukan bersama
|
Memonitoring Keaktifan dan Perkembangan proyek
|
Pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan,
mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru
|
Menguji Hasil
|
Membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan
produk/ karya untuk dipaparkan kepada orang lain
|
Evaluasi Pengalaman Belajar
|
Memaparkan laporan, peserta didik yang lain memberikan
tanggapan, dan bersama guru menyimpulkan hasil proyek
|
Mempublikasikan
|
Mempresentasikan produk proyek dalam bentuk fisik (ruang
display) dan non fisik ruang (website dan medsos)
|
Selamat mengerjakan
Posting Komentar