Lembar Kerja Siswa 3.5.3

Jumat, April 12, 2019


Kompetensi Inti (KI)

KI. 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI. 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI. 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan 

Text Box: LKS. 3.5.3
Kompetensi Dasar 
3.5. Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat

Indikator Pencapaian Kompetensi 
3.5.3 Mengkreasikan/ mencipta konsep integrasi sosial untuk menjawab masalah-masalah sosial kekinian dalam mewujudkan kehidupan damai

PETUNJUK!

1.      Bacalah artikel yang berjudul “Studi Tentang Integrasi Sosial”!
2.      Bacalah artikel yang berjudul “Ilmu Padi”!
3.      Buatlah karya tentang “Padi Ikat” sebagai representasi dari konsep integrasi sosial!

Langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek dalam menghasilkan konsep integrasi sosial berbasis kearifan lokal, sebagai berikut!

Tabel. Langkah kerja

LANGKAH KERJA
AKTIVITAS SISWA
Pertanyaan Mendasar
Mendiskusikan konsep padi ikat sebagai representasi konsep integrasi sosial
Mendesain Perencanaan Produk
Menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
Menyusun Jadwal Pembuatan
Menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan bersama
Memonitoring Keaktifan dan Perkembangan proyek
Pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru
Menguji Hasil
Membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/ karya untuk dipaparkan kepada orang lain
Evaluasi Pengalaman Belajar
Memaparkan laporan, peserta didik yang lain memberikan tanggapan, dan bersama guru menyimpulkan hasil proyek
Mempublikasikan
Mempresentasikan produk proyek dalam bentuk fisik (ruang display) dan non fisik ruang (website dan medsos)

download: berkas lengkap
CP:  CP. +62 853-0295-0288 dan +62 857-2694-946
Selamat mengerjakan

Post Advertisement
Post Advertisement