RPP Pemberdayaan Komunitas Kearifan Lokal

Jumat, April 19, 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                        :  SMA Negeri 1 Pamotan      
Mata pelajaran           :  Sosiologi (Peminatan)
Kelas/Semester           :  XII IPS 4, XII IPS 5 / 2                                      
Alokasi Waktu             :  8  × 45 menit (4 Pertemuan)
Kurikulum                    : 2013


A.     Kompetensi Inti (KI)

KI. 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI. 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI. 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan 

B.      Kompetensi Dasar:

3.4. Memiliki pengetahuan bagaimana melakukan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi
4.4. Merancang, melaksanakan dan melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4.1 Menganalisis strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi
3.4.2 Menilai strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi
3.4.3 Mencipta strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi

4.4.1 Merancang aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi
4.4.2 Melaksanakan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi
4.4.3 Melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi

D.     Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, peserta didik dapat menganalisis, menilai dan mencipta strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi, serta peserta didik dapat merancang, melaksanakan, dan melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi, dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.

E.      Materi Pembelajaran:

Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas

·         Pemberdayaan komunitas berbasis kepemilikan lokal dan partisipasi warga masyarakat
·         Partisipasi masyarakat lokal, atau warga masyarakat,  dalam pemberdayaan masyarakat, atau perbaikan kehidupan sosial atau publik
·         Aktivitas pemberdayaan komunitas
·         Evaluasi dan hikmah pembelajaran dari aktivitas pemberdayaan komunitas

F.       Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran

Pendekatan                 : Saintifik
Metode                       : Pembelajaran Berbasis Proyek
Model pembelajaran : Penggunakan Aplikasi Googlemap

G.     Kegiatan Pembelajaran

No.
Langkah – langkah
Kegiatan
Aktivitas 4C dan Pembelajaran HOT’s
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Awal
Ø  Memberi salam;
Ø  Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (berdo’a).
Ø  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
Ø  Memberikan motivasi belajar.
Ø  Guru membacakan artikel jajan pasar
Ø  Siswa mengisi LK literasi
Komunikasi
Literasi teks
Literasi IT

40 menit
2.
Kegiatan Inti
(sintaks project-based learning)
Pertanyaan Mendasar
Aktivitas Guru: Guru menyampaikan topik dan mengajukan pertanyaan bagaimana cara memecahkan masalah
Aktivitas siswa: Mengajukan pertanyaan mendasar apa yang harus dilakukan peserta didik terhadap topik/ pemecahan masalah

Komunikasi
Kolaboratif
Berfikir
Kritis
Kreatif
inovatif
46 menit
Mendesain Perencanaan Produk
Aktivitas Guru: Guru memastikan setiap peserta didik dalam kelompok memilih dan mengetahui prosedur pembuatan proyek/produk yang akan dihasilkan
Aktivitas Siswa: Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas,persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
Komunikasi
Kolaboratif
Berfikir
Kritis
Kreatif
inovatif
46 menit
Menyusun Jadwal Pembuatan
Aktivitas Guru: Guru dan peserta didik membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek (tahapan-tahapan dan pengumpulan)
Aktivitas Siswa: Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan bersama
Komunikasi
Kolaboratif
Berfikir
Kritis
Kreatif
inovatif
46 menit
Memonitoring Keaktifan dan Perkembangan proyek
Aktivitas Guru: Guru memantau keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek, memantau realisasi perkembangan dan membimbing jika mengalami kesulitan
Aktivitas Siswa: Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru
Komunikasi
Kolaboratif
Berfikir
Kritis
Kreatif
inovatif
46 menit
Menguji Hasil
Aktivitas Guru: Guru berdiskusi tentang prototipe proyek, memantau keterlibatan peserta didik ,mengukur ketercapaian standard
Aktivitas Siswa: Membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/ karya untuk dipaparkan kepada orang lain
Komunikasi
Komunikasi
Kolaboratif
Berfikir
Kritis
Kreatif
inovatif
46 menit
Evaluasi Pengalaman Belajar
Aktivitas Guru: Guru membimbing prosespemaparan proyek, menanggapi hasil, selanjutnya guru dan peserta didik merefleksi/ kesimpulan
Aktivitas Siswa: Setiap peserta didik memaparkan laporan, peserta didik yang lain memberikan tanggapan, dan bersama guru menyimpulkan hasil proyek
Komunikasi
Kolaboratif
Berfikir
Kritis
Kreatif
inovatif
46 menit
3.
Penutup
Ø  Guru meminta peserta didik menyimpulkan temuan
Ø  Penilaian berbasis Portfolio Siswa
Ø  Umpan balik dan tindak lanjut;
Ø  Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan datang
Komunikasi
Kolaboratif
Berfikir
Kritis
Kreatif
inovatif
40 menit
Jumlah
360 menit


H.     Media Pembelajaran
  • Ø  Fc kumpulan materi
  • Ø  FC panduan googlemap
  • Ø  Slide power point
  • Ø  HP Android
  • Ø  Lembar kerja siswa


I.        Metode Penilaian Hasil Belajar

             Kompetensi Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian    : Penilaian produk
b.      Bentuk Penilaian   : Portfolio siswa
c.       Instrumen              : Terlampir
d.      Tindak lanjut         : Tugas
             Kompetensi Keterampilan (terlampir)

J.        Sumber Belajar
  • SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA) MATA PELAJARAN SOSIOLOGI. KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. JAKARTA, 2016.
  • Suhadi. 2018. Materi Umum Pemberdayaan. SMA Negeri 1 Pamotan (artikel)
  • Suhadi. 2018. PEMBERDAYAAN KOMUNITAS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI ERA MILENIAL. SMA Negeri 1 Pamatan (artikel)
  • Suhadi. 2018. Teknik Identivikasi Karifan Lokal. SMA Negeri 1 Pamotan (artikel)
  • Suhadi. 2018. PANDUAN PRAKTIS MODEL PEMBERDAYAAN KOMUNITAS DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLEMAP. SMA Negeri 1 Pamotan (artikel) 
  • Yenni Kurnia. 2010. EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Proyek Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi Pada Program Pengembangan Wilayah atau Area Development Program (ADP) di Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur). PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT FAKULTAS PERTANIAN. INSTITUT PERTANIAN BOGOR
  • Satrya Wulan Darmayanti. Studi Deskripsi Tentang Strategi Pemberdayaan Masyarakat Oleh Dinas Pertanian Kota Surabaya Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Sasaran Penerima Program Urban Farming Budidaya Lele  di Kelurahan Pakis. Dalam jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. Volume 3, Nomor 1,  Januari – April 2015
  • Dinar Wahyuni. STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA NGLANGGERAN, KABUPATEN GUNUNG KIDUL.  Dalam jurnal Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial | Volume 9, No. 1 Juni 2018  ISSN.
  • Siti Zuliyah. STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN DAERAH. Dalam Journal of Rural and Development Volume I No. 2 Agustus 2010. Fakultas Hukum. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta



Pamotan, Januari 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                Guru Mapel




SUKARNO, M.Pfis                                             SUHADI
NIP. 19700108 199412 1 002                          NIP. 19820403200903 1 005



Post Advertisement
Post Advertisement