Naskah Soal Penilaian Akhir Tahun dan Pembahasan Pada Materi Konflik Sosial dan Integrasi Sosial Kelas XI
Kamis, Mei 23, 2019
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI
INTI
KI1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR
3.4 Menganalisis potensi-potensi terjadinya
konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat yang beragam serta
penyelesaiannya
4.4 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi
tentang konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya
3.5 Menerapkan metode penelitian sosial
berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan
penyelesaiannya
4.5
Merancang, melaksanakan dan menyusun laporan
penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik,
kekerasan dan penyelesaiannya serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan,
lisan dan audio-visual
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI DAN MATERI PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
IPK Kompetensi Pengetahuan
3.4.1.
mengidentifikasi indikator konflik
sosial dan kekerasan yang terjadi dalam kehidupan masayaakat
3.4.2.
mengidentifikasi potensi-potensi
terjadinya konflik sosial dan kekerasan dalam kehidupan bermasyarakat
3.4.3.
mengidentifikasi potensi-potensi
terwujudnya integrasi sosial dalam kehidupan bermasyarakat
3.5.1. Menganalisis pandangan tokoh tentang konsep
integrasi sosial dalam mewujudkan kehidupan damai
3.5.2.
Menilai/ mengevaluasi pandangan tokoh
tentang konsep integrasi sosial dan relevansi terhadap masalah-masalah sosial
kekinian dalam mewujudkan kehidupan damai
3.5.3.
Mengkreasikan/ mencipta konsep integrasi
sosial untuk menjawab masalah-masalah sosial kekinian dalam mewujudkan
kehidupan damai
IPK Kompetensi Keterampilan
4.4.1.
Menelaah indikator masalah konflik dan
kekerasan serta upaya penyelesaiannya
4.4.2.
Mengamati masalah konflik dan kekerasan
serta upaya penyelesaiannya dengan indikator masalah sosial
4.4.3.
Mendiskusikan hasil pengamatan tentang
konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya
4.5.1.
Menentukan masalah sosial kekinian dalam
mewujudkan kehidupan damai
4.5.2.
Mengeksplorasi masalah sosial kekinian
dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.3. Merencanakan solusi masalah sosial kekinian
dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.4.
Melaksanakan rencana penyelesaian
masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam
mewujudkan kehidupan damai
4.5.5.
Memeriksa dan mengevaluasi solusi
penyelesaian masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif
dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.6.
Mengevaluasi solusi penyelesaian masalah
sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan
kehidupan damai
4.5.7.
Mempromosikan di ruang publik dari
solusi penyelesaian masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian
kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
Sumber:
Diadaptasikan dari Silabus Mapel Sosiologi (BNSP, 2016) dan pengembangan
gagasan Penulis.
MATERI
PEMBELAJARAN
3. Konflik,
kekerasan, dan upaya penyelesaiannya
4 Integrasi dan reintegrasi sosial
sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan
NASKAH
SOAL
1. Stok bawang merah berlebih
lantaran petani melakukan penanaman bawang merah yang tidak disesuaikan dengan
waktu pola tanam dengan petani lain. Akibatnya panen bawang terjadi bersamaan
sehingga pasokan berlebih. Dampak konflik yang akan terjadi adalah …
- A.
harga
bawang dipasaran akan turun dan petani bawang mengalami rugi
- B.
pedagang
pestisida akan mengurangi produksinya
- C.
pedagang
pupuk mendapatkan keuntungan yang besar
- D.
pemerintah
akan melakukan import pada saat petani bawang demo
- E.
pejabat
pertanian akan melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga
2. John Lewis Gillin dan John
Phillip Gillin melihat konflik sebagai bagian dari proses interaksi sosial
manusia yang saling berlawanan (oppositional
process).
Maksud dari pandangan John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin adalah…
- A. konflik adalah bagian dari
sebuah interaksi sosial yang terjadi karena adanya perbedaan fisik, kebudayaan,
dan perilaku
- B. adanya perasaan primordial
yang kuat sehingga memunculkan konflik
- C. konflik akan menghasilkan
dampak positif dan negatif dalam masyarakat
- D. konflik merupakan hal yang
wajar dalam kehidupan bermasyarakat
- E. konflik merupakan suatu
bentuk pertahanan dari suatu kelompok minoritas terhadap kelompok mayoritas
3. Menjelang tahun baru harga
cabai rawit mengalami kenaikan harga cabai rawit yg dulu 40 ribu per kilo
menjadi 60 ribu per kilo jadi kenaikan harga cabai rawit 20 ribu. Selain cabai
rawit daung bawang juga mengalami kenaikan harga sekarang 25 ribu per kilo,
sehingga konsumen mengurangi porsi beli karena kenaikan harga. Dampak konflik
yang akan terjadi adalah ….
- A. kenaikan harga akan membuat
pembeli mengurangi porsi beli yang menimbulkan kerugian bagi petani cabai
penjual cabai rawit karena kenaikan harga membuat konsumen berkurang
- B. harga cabai naik mendekati
tahun baru
- C. kenaikan cabai rawit
mencapai 20 ribu per kilo
- D. bukan hanya cabai merah yg
mengalami kenaikan daung bawang juga mengalami kenaikan harga
- E. akibatnya konsumen
mengurangi porsi beli
4. TNI menanam pagar paksa seiring penuntutan
warga trasmigran untuk mendapatkan sertifikat tanahnya. Dampak konflik tersebut
adalah warga jadi berurusan sama TNI dan pemerintah dan warga. Akhir cerita,
konflik tersebut dapat di selesaikan dengan mendata masyarakat yang mempunyai
sertifikat dan warga yang sudah terdaftar, supaya lebih terpercaya dan sudah
tidak ada masalah lagi. Aktor konflik yang terlibat dalam kasus….
- A. TNI / polri, petani, masyarakat, warga transmigrasi, dan pemerintah
- B. TNI / polri, petani, warga transmigrasi, dan pemerintah
- C. POLRI, petani, masyarakat, warga transmigrasi, dan pemerintah
- D. TNI, petani, masyarakat, warga transmigrasi, dan pemerintah
- E. TNI / polri, petani, masyarakat, dan warga transmigrasi
5. Fanatisme suku bangsa atau
primordialisme yang terlalu berlebihan akan menghasilkan sebuah pandangan
subjektif pada pihak lain. Hal tersebut merupakan hakikat dari….
- A.
Primordialisme
- B.
Diferensiasi
- C.
Stratifikasi
- D.
Etnosentrisme
- E.
Sektarian
6. Pada saat pemilihan presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur
mewakili partai agama dan Megawati
Soekarnoputri mewakili PDIP (Nasionalis), kekalahan Megawati dalam pemilihan
presiden menimbulkan perlawanan bagi pendukunya, dan akhirnya Gus Dur menyakinkan semua pihak
agar menjadikan Megawati sebagai wakilnya. Adanya konflik antara gustur dan
Berbagai Partai terutama partai Golkar, Gus Dur menonaktifkan sejumlah Menteri
Seperti Jusuf Kalla dan laksmana Sukardi dan memberhentikan TNI dan KAPOLRI.
Namun tak lama kemudian, Gus Dur dituduh Korupsi terutama pada Brunai get dan
Bulog get. Namun tidak ada Satupun yg dapat membuktikan bahwa tuduhan tersebut
benar. Sebab dan akar konflik dari hal tersebut adalah …
- A. Gus Dur menonaktifkan atau memperhentikan
sejumlah Menteri, TNI, dan Kapolri
- B. Tidak terpilihnya Megawati menjadi Presiden
- C. diangkatnya Megawati menjadi wakil presiden
- D. diadakan sidang istimewa oleh MPR Namun
menimbulkan perlawanan bagi pendukung Gus Dur
- E. diberhentikannya Gus Dur dan diangkatnya
Megawati Soekarnoputri menjadi presiden
7. Sejak pergantian Orde Baru ke masa Reformasi,
daerah-daerah di Indonesia mengalami banyak peristiwa yang meresahkan bahkan
cenderung bersifat anarkhis yang mengarah disintegrasi bangsa. Konflik-konflik
sosial dimulai dari pertikaian antar etnik, antar agama sampai kerusuhan sosial
yang telah menghancurkan kehidupan masyarakat bukan saja material tetapi juga
perekonomian dalam skala luas. Semua peristiwa tersebut tentu saja akan
berdampak buruk pada ketahanan wilayah bahkan
integritas bangsa. Berdasar kasusu tersebut, selaku generasi muda, hal yang
perlu dilakukan agar tetap tercipta integrasi sosial dalam kehidupan
bermasyarakat adalah …
- A. memajukan pergaulan rukun dan damai demi
persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika
- B. mengembangakan rasa bangga berbangga dan
bertanah air Indonesia
- C. meningkatkan kesadaran rakyat akan pentingnya
menjaga keutuhan wilayah negara
- D. rela bekorban untuk kepentingan bangsa dan
negara
- E. menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa
pengikat integrasi bangsa
8. Perhatikan gambar berikut ini!
Sosialisasi tentang
hidup rukun dan hidup damai merupakan keniscahyaan untuk masyarakat Indonesia.
Karena nilai-nilai sosial hidup rukun dan damai adalah kebutuhan yang sangat
mendasar dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu,
perlu kiranya selalu direproduksi nilai-nilai kerukunan dan kedamaian dalam
keseharian. Pada kesempatan kali ini, dipilihlah padi ikat yang memiliki pesan
dan makna tentang kerukunan dan perdamaian. Langkah memilih padi ikat menjadi
media kearifan lokal dalam membumikan konsep integrasi sosial karena …
- A. kumpulan batang padi sebagai representasi
hidup rukun dan damai tanpa membeda-bedakan satu sama yang lain
- B. setiap bulir padi memiliki harapan hidup
sejahtera di masa yang akan datang
- C. integrasi sosial adalah kontrak sosial
masyarakat bangsa Indonesia
- D. padi ikat adalah bhinneka tunggal ika
- E. sesuai dengan falsafah bangsa Indonesia yaitu
semakin tua semakin matang
9. Konflik itu terjadi ketika sewa tanah yang
dilakukan pemerintahan kolonial yang berkepanjangan dan akibat keegoisan pemerintah kolonial untuk mengambil
hasil bumi petani, membuat Pangeran Diponegoro marah. Kegeraman ini bertambah
saat kediamanya di Tegalrejo dibakar habis , 20 Juli 1825. Atas perintah
Residen Yogjakarta Hendrik Mischert dibantu keraton yang bersekutu dengan
Belanda , Pangeran lolos dari sergapan Belanda, dan kejahatan tragis itu
Diponegoro akhirnya bertekad menyerang Belanda tanpa ampun. Aktor dari konflik
tersebut adalah ….
- A. Pangeran Diponegoro, Hendrik Mischert, dan
Keraton Yogyakarta
- B. Pangeran Diponegoro dan Bendoro Raden Mas Mustahar
- C. Bendoro Raden Mas Mustahar dan Hendrik
Mischert
- D. Hendrik Mischert dan Pangeran Diponegoro
- E. Keraton Yogyakarta dan Hendrik Mischert
10. Sebagai proses sosial, konflik
dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu yang terlibat dalam suatu interaksi. Pada prinsipnya
penyebab terjadinya konflik adalah…
A. Apabila seseorang atau sekelompok
orang terhalang upayanya dalam mencapai tujuan
B. Adanya pihak-pihak yang sengaja
menciptakan konflik agar tercapainya suatu tujuan tertentu
C. Apabila kelompok mayoritas
mendiskriminasi kelompok minoritas
D. Adanya kemampuan untuk mengendalikan
suatu masyarakat
E. Menciptakan situasi yang diinginkan
oleh sekelompok orang
11. Etnosentrisme merupakan
pandangan yang lebih bersifat subjektif karena hanya didasarkan pada…
A. Perasaan dan bukan berdasarkan
pemikiran rasional
B. Perasaan dan logika bersama
C. Pemikiran rasional dan pertimbangan
D. Diskriminasi dan ketidakadilan
E. Rasa cinta yang berlebihan terhadap
sesuatu
12. Dalam sejarah, tentu
kita mengenal adanya politik Apartheid, yaitu masyarakat menganggap
bahwa kulit putih lebih tinggi derajatnya daripada masyarakat kulit hitam.
Mereka melakukan diskriminasi dan segregasi yang berlaku dalam kehidupan.
Berdasarkan kasus tersebut, fenomena sosial yang terjadi adalah…
A. Rasisme
B. Primordialisme
C. Etnosentrisme
D. Fasisme
E. Sektarian
13. Keadaan ketika sebuah
kelompok atau organisasi tertentu dikelilingi oleh sejumlah organisasi masa,
baik formal maupun informal dengan tali pengikat antara kelompok dan organisasi
ini adalah ideologi atau aliran disebut….
A. Politik aliran
B. Fasisme
C. Primordialisme
D. Rasisme
E. Etnosentrisme
14. Perhatikan dampak-dampak
berikut
1) Dapat menjaga keutuhan dan kestabilan budaya
2) Terciptanya keadilan dalam masyarakat
3) Dapat menciptakan masyarakat yang tertib dan teratur
4) Dapat mempertinggi semangat patriotisme dan kesetiaan kepada bangsa
5) Dapat memperteguh rasa cinta terhadap kebudayaan atau bangsa
Dampak positif etnosentrisme ditunjukkan nomor….
1) Dapat menjaga keutuhan dan kestabilan budaya
2) Terciptanya keadilan dalam masyarakat
3) Dapat menciptakan masyarakat yang tertib dan teratur
4) Dapat mempertinggi semangat patriotisme dan kesetiaan kepada bangsa
5) Dapat memperteguh rasa cinta terhadap kebudayaan atau bangsa
Dampak positif etnosentrisme ditunjukkan nomor….
A. 1), 4), dan 5)
B. 1), 2), dan 3)
C. 1), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
15. Sekitar tahun 2000 an di desa sialang buah,sumatra Utara kurang lebih 50
orang perempuan menjadi janda karena perselisihan antara nelayan tradisional
dan kapal pukat harimau (trawl) dan
kejadian itu membuat trauma bagi mereka. Seperti yang dialami ibu Masniari
istri seorang nelayan tradisional. Suaminya dulu bekerja sebagai nelayan
tradisional.suaminya meninggal akibat kecelakaan di tabrak oleh kapal pukat
harimau (trawl). Akibat kejadian itu
membuat trauma bagi mereka saat melaut.
Indikator konflik yang terdapat pada deskripsi tersebut adalah ….
- A. bidang konflik, sebab dan akar konflik, aktor
konflik, proses konflik, dan dampak konflik
- B. bidang konflik, sebab dan akar konflik, aktor
konflik, proses konflik, dampak konflik, dan penyelesaian konflik
- C. sebab dan akar konflik, aktor konflik, proses
konflik, dampak konflik, dan penyelesaian konflik
- D. aktor konflik, proses konflik, dampak
konflik, dan penyelesaian konflik
- E. bidang konflik, aktor konflik, proses
konflik, dampak konflik, dan penyelesaian konflik
16. Dalam film documenter yang berjudul Garam Ku
Tak Asin Lagi (rilis tahun 2016), garam yang ada di Aceh berasal dari Yordania,
Vietnam, India, Pakistan, dan Banglades. Dahulu garam Aceh laku keras
dipasaran, petani garam cukup mudah
mendapat uang 50.000 hingga 100.000 per hari. Namun sekarang hanya tinggal
cerita. Masalah tersebut kemudian di respon oleh Pemerintah dengan melakukan
pelatihan produk garam di Madura, tetapi program tidak berjalan, karena yang
ikut serta bukan orang yang dipilih sebelumnya. Indikator konflik pertanian
garam tersebut disebabkan oleh ….
- A. pelatihan garam yang diselenggarakan
pemerintahantidak serius dan terkesan asal-asalan saja
- B. garam masyarakat tanah Aceh tidak terasa asin
lagi sehingga tidak laku dipasaran
- C. garam masyarakat tanah Aceh tidak beryodium
sehingga tidak sesuai standar
- D. garam menumpuk di gubuk, petani garam tidak
berpendapatan, dan tidak mampu melanjutkan pendidikan anak ke jenjang yang
lebih tinggi
- E. pemerintah harus mengalirkan air laut ke
ladang produksi
17.
Perhatikan contoh konflik sosial!
(1) pemerintah merelokasi paksa warga yang tinggal di jalur
hijau setelah sebelumnya dihimbau pindah sendiri namun tidak dihiraukan
(2) Pengusaha perkebunan membayar preman untuk memaksa warga
pergi dari lokasi huniannya karena akan digunakan sebagai peluasan kebun
(3) Pemerintah daerah merelokasi para pedagang yang berjualan
di trotoar jalan ke pasar yang telah disediakan
Pemecahan masalah konflik sosial di
atas menggunakan cara koersi, karena .....
A. pihak yang lemah tidak mampu menghadapi kekuasaan pihak
yang lebih kuat
B. semua pihak yang berkonflik karena tidak ada yang mau
mengurangi tuntutan
C. masing-masing yang berkonflik menunjuk pihak ketiga dalam
memecahkan masalah
D. menempuh jalur hukum ketika cara lain sudah tidak efektif
dilakukan
E. praktik memihak pihak lain untuk berperilaku spontan
18.
Dua kelompok yang berbeda budaya terlibat
konflik tradisional. Setelah dilakukan upaya untuk mempertemukan para tokoh
dari kedua pihak, akibatnya disepakati langkah bersama untuk berdamai membangun
harmoni sosial. Deskripsi tersebut menunjukkan proses ….
- akomodasi
menuju integrasi sosial
- konflik
sosial tradisional yang sangat sulit diatasi
- konflik
budaya menghambat harmoni sosial
- konflik
sosial menjadi integrasi sosial
- akomodasi
untuk menyelesaikan konflik
19. Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar tersebut, kalimat yang tepat untuk
sebuah poster bertemakan ajudikasi adalah ….
- lindungi
anak-anak kita
- sayangilah
anak-anak
- berbuatlah
baik antar sesama
- neraka
bagi mereka yang mengeksploitasi anak
- penjarakan
para pekerja seksual
20. Perhatikan kasus sosial berikut ini!
Maraknya berdirinya
hotel, salah satu konflik sosial yang muncul adalah tentang permasalahan
kebutuhan air. Beberapa sumber mata air hilang dikarenakan banyak dibangunnya
bangunan-bangunan seperti gedung dan hotel menyedot air dalam. Dampaknya
kemudian adalah para warga kesulitan untuk mencari kebutuhan air bersih. Untuk
merespon hal tersebut, terdapat masyarakat yang melakukan unjuk rasa dengan
melakukan mandi dengan pasir sebagai rasa protes dari penyedotan air dalam oleh
hotel. Berdasarkan kasus di atas, upaya penyelesaikan yang tepat adalah ….
- A. mediasi
- B. abitrasi
- C. konsiliasi
- D. ajudikasi
- E. eliminasi
21. Beberapa anak muda sedang mempresentasi hasil
pengamatan tentang kemacetan di perkotaan. Salah satu temuan yang menjadi
perhatian penting adalah adanya kecenderungan berperilaku melawan norma lalu lintas. Dari tindakan tersebut,
fungsi mempublikasi hasil pengamatan adalah ….
- A. media untuk penjabaran dari suatu temuan
pengamatan yang mampu memberikan pemahaman suatu masalah dan solusinya
- B. sebagai bahan paparan suatu pokok bahasan
inti
- C. kesan lebih eksklusif karena melibatkan alat
presentasi
- D. audience
biasanya akan lebih jelas jika disertai
dengan media gambar dari presentasi itu sendiri
- E. Memupuk mental yang ada dalam diri dalam
menyampaikan presentasi
22. Perhatikan gambar berikut ini!
Ia adalah sosiolog.
Ia berpandangan, konflik dapat merupakan proses yang bersifat instrumental
dalam pembentukan, penyatuan dan pemeliharaan struktur sosial. Konflik dapat
menempatkan dan menjaga garis batas antara dua atau lebih kelompok. Ia juga
membagi konflik dalam dua bentuk, yaitu konflik realistik dan konflik non
realistis. Sosiolog tersebut bernama ….
- A. Lewis A. Coser
- B. Ibu Kaldun
- C. Ralf Dahrendorf
- D. Karl Marx
- E. Thomas Hobbes
23. Perhatikan gambar berikut ini!
Ia perpandangan
bahwa masyarakat mempunyai dua wajah yakni konflik dan konsensus. Sosiolog ini
meyakini bahwa setelah kelompok konflik muncul, kelompok itu melakukan tindakan
yang melakukan perubahan dalam struktur sosial. Bila konflik itu hebat,
perubahan yang terjadi adalah radikal. Bila konflik disertai dengan tindakan
kekerasan maka akan terjadi perubahan struktur secara tiba-tiba. Ia juga
membedakan kelompok menjadi tiga jenis, yaitu kelompok semu, kelompok
kepentingan, dan kelompok konflik. Sosiolog tersebut bernama ….
- A. Ralf Dahrendorf
- B. Ibu Kaldun
- C. Karl Marx
- D. Lewis A. Coser
- E.
Thomas Hobbes
24. Perhatikan gambar berikut ini!
Ia adalah sosiolog sejati. Hal ini didasarkan pada pernyataannya tentang beberapa prinsip pokok untuk menafsirkan peristiwa-peristiwa sosial dan peristiwa-peristiwa sejarah. Prinsip yang sama juga dijumpai dalam analisis Ibnu Khaldun terhadap timbul dan tenggelamnya Negaranegara. Sosiolog tersebut bernama ….
- A. Ibu kaldun
- B. Ralf dahrendorf
- C. Karl marx
- D. Lewis a. coser
- E. Thomas hobbes
25. Perhatikan cerita di bawah ini !
Paniling
tak menyangka akan terjadi kerusuhan, pagi itu dia pergi bekerja dari rumahnya
di Solo ke Boyolali seperti biasa. Sore hari dia mendapatkan telepon dari
tetangganya agar dirinya jangan pulang ke rumahnya dulu. "Saya lantas
ngungsi di tempat teman saya di Fajar Indah," kata dia. Esok harinya
Panailing pun kembali ke rumahnya, "Kok pintu rumah sudah dijebol semua,
kondisi rumah sudah berantakan semua," ungkap dia, uang yang disimpan
dilaci rumahnya pun hilang. Tak hanya pintu yang dijarah, seisi rumah ikut
ludes dijarah oleh kerumanan massa saat kerusuhan berlangsung. Sepeda motor
kesayangannya, pun tak luput dibakar oleh massa di jalan depan rumah. Dari
cerita tersebut, penyebab konflik sosial adalah ….
- A. Politik
- B. Kecemburuan ekonomi
- C. Sosial
- D. Budaya
- E. Agama
26. Perhatikan pandangan tokoh tentang konsep integrasi sosial berikut ini!
Nama tokoh
|
Pendangan tokoh
|
Nazaruddin
Syamsudin (1989)
|
integrasi
berfungsi untuk menjaga kepentingan negara dari sebuah konsensus bersama
|
Sunyoto Usman (1995)
|
integrasi terwujud karena atas dasar
kesadaran untuk memelihara dan menjaga keseimbangan, bukan karena hilangnya dan
atau menghilangkan diferensiasi
|
Durkehim (Johnson, 1986)
|
saling ketergantungan dapat
melahirkan integrasi sosial .
|
Zalbi
Ikhsan (2000)
|
motivasi
agama dan budaya dapat mendorong proses integasi sosial
|
Retnowati
(2014)
|
kearifan
lokal merupakan modal sosial dalam mewujudkan integrasi sosial
|
Pandangan tokoh
yang cocok untuk membangun konsep integrasi sosial berbasis sosial budaya
adalah ….
- A. Retnowati
- B. Nazaruddin Syamsudin
- C. Sunyoto Usman
- D. Erni Budiwanti
- E. Zalbi Ikhsan
27. Kala itu terdapat dua calon kepala desa.
Hasil dari pemilihan kepala desa, salah satu dari mereka terpilih menjadi kepala desa. Usai pemilihan,
calon yang terpilih berusaha menggandeng calon satunya. Dan calon yang tidak
terpilih, bergegas memberi ucapan selamat kepada pemenangnya. Perilaku politik
berdemokrasi tersebut merupakan bagian dari konsep integrasi sosial yaitu ….
- A. Kontrak sosial
- B. Norma sosial
- C. Kontrak politik
- D. Nilai sosial
- E. Tindakan sosial
28. Dalam setiap pawai tujuh belas agustusan,
semua elemen masyarakat menampilkan pentas kerukunan dan perdamaian antar
sesama. Ragam carnival dipentaskan di jalanan. Terdapat carnival batik, tarian
budaya, gunungan agung, hingga atraksi heroik lainnya. Dalam pentas pawai tujuhbelasan tersebut,
pesan besar yang disampaikan adalah terwujudnya integrasi sosial yang nyata
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari kegiatan tersebut menunjukkan
proses integrasi dalam bentuk ….
- A. proses identifikasi
- B. proses interaksi
- C. proses kerjasama
- D. proses akomodasi
- E. proses asimilasi
29. Selama ini
pembangunan pertanian Indonesia hanya memberikan bayang semu kesejahteraan
petani. Hal tersebut terekam dalam dinamika pembangunan pertanian sejak era
kolonial sampai sekarang. Petani menjadi obyek pembangunan pertanian yang
didalamnya terdapat pembajakan elite (elite
capture) untuk kepentingan politik sesaat yang menciptakan baying-bayang
semu kesejahteraan petani. Berdasarkan dinamika kebijakan pertanian tersebut,
aktor dalam konflik sosial pertanian di Indonesia adalah ….
- A. Elit
- B. Pemerintah
- C. Penguasa
- D. Pengusaha
- E. Politisi
30. Lahan pertanian yang telah rusak akibat
penggunaan pupuk pabrik berlebih, membuat produktivitasnya menurun drastis hal
ini menjadi penyebab banyaknya petani di kawasan potensial lebih memilih
menjual lahan pertaniannya untuk kepentingan kapitalistik (pabrik maupun
perumahan). Berdasarkan dinamika kebijakan pertanian tersebut, penyebab dalam
konflik sosial pertanian Indonesia adalah
….
- A. Penggunaan pupuk kimia
- B. Tanah tidak subur
- C. Berdirinya pabrik
- D. Buruh gajinya besar
- E. Tingginya harga tanah
31. Dalam dekade terakhir ini terjadi konflik
sosial di Myanmar adalah fenomena genosida. Upaya pembasmian
orang Rohingya yang disebabkan oleh multi faktor; agama, teritori, ras, suku,
etnis dan kepentingan lainnya. Secara agama kelompok Rohingya berbeda dengan
penduduk asli Myanmar yang mayoritas Hindu, sedangkan secara etnis/suku mereka
adalah orang-orang keturunan Indian dan China. Mereka sebagai pendatang baru
dianggap akan mengganggu kepentingan penduduk asli atas dasar kedaulatan negara
mereka. Terjadinya konflik tersebut dilatarbelakangi oleh adanya ….
- A. Perbedaan Identitas
- B. Transformasi Konflik
- C. Kesalahpahaman Antarbudaya
- D. Negosiasi Prinsip
- E. Hubungan Masyarakat
32. Pada 18 Februari 2001 saat empat anggota
keluarga Madura, Matayo, Haris, Kama dan istrinya, tewas dibunuh. Warga Madura lantas mendatangi rumah
milik suku Dayak bernama Timil yang dianggap telah menyembunyikan si pembunuh.
Massa meminta agar Timil menyerahkan pelaku pembunuhan itu. Karena permintaan
mereka tidak dituruti, massa marah dan membakar rumah. Insiden malam itu dapat
dihentikan polisi. Sayang, pembakaran terus meluas ke rumah-rumah lainnya.
Penyebab konflik tersebut adalah …
- A. Perbedaan Identitas
- B. Transformasi Konflik
- C. Kesalahpahaman Antarbudaya
- D. Negosiasi Prinsip
- E. Hubungan Masyarakat
33. Konflik Maluku adalah
konflik kekerasan dengan latar belakang perbedaan agama yakni antara kelompok
Islam dan Kristen. Konflik Maluku disebut menelan korban terbanyak yakni
sekitar 8-9 ribu orang tewas. Selain itu, lebih dari 29 ribu rumah terbakar,
serta 45 masjid, 47 gereja, 719 toko, 38 gedung pemerintahan, dan 4 bank
hancur. Rentang konflik yang terjadi juga yang paling lama, yakni sampai 4
tahun. Solusi yang ambil adalah dengan cara melakukan pembinaan masyarakat
untuk mengembangkan "emas hijau" dan "emas biru" Maluku.
Emas hijau mengacu kepada kekayaan rempah-rempah, sementara emas biru mengacu
kepada kekayaan sumber daya kelautan di kepulauan Maluku. Pendekatan yang tepat
untuk mengatasi konlfik tersebut adalah ….
- A. Pendekatan kesejahteraan
- B. Pendekatan keamanan
- C. Pendekatan agama
- D. Pendekatan seni
- E. Pendekatan pendidikan
34. Sewaktu liburan sekolah, Syafrizal mengunjungi tempat wisata bahari di
Rembang, Jawa Tengah. Berbagai informasi yang diterima Syafrizal tentang
keberadaan wisata bahari tersebut berkaitan dengan hidup rukun dan toleran.
Saat ada penugasan untuk melakukan penelitian, Syafrizal tertarik untuk
menjadikan wisata laut Rembang sebagai topik penelitiannya. Dia mengumpulkan
informasi dengan cara wawancara dan pengamatan yang berkaitan dengan topik
penelitian tersebut. Selaian dari buku, data juga didapatkan dari berbagai
media lainnya. Berdasarkan metodenya, jenis penelitian pada ilustrasi tersebut
adalah penelitian ....
- A. deskriptif
- B. survei
- C. dokumen
- D. terapan
- E. lapangan
35. Kami melakukan wawancara dengan tidak
semangat karena para pengunjung di pasar sapi merasa terganggu dengan kedatangan kami. Kami di marahi oleh pengunjung
pasar bahkan kami disuruh untuk pergi jauh dari pasar sapi. Tapi kami
mengabaikan perkataan itu, kami tetap melanjutkan wawancara. Disana saya dan
kelompok saya berwawancara dengan bapak Mijan. Dengan tatapan matanya yang
tajam, Ia menjawab semua pertanyaan dari kelompok saya. Akhirnya kamipun
mendapatkan informasi yang cukup banyak tentang masalah-masalah pasar.
Berdasarkan proses penelitian di atas, penyebab munculnya masalah saat
penelitian tersebut adalah ….
- A.
peneliti
kurang jeli tentang kapan melakukan wawancara saat di pasar sapi
- B.
penelitian
di lakukan pada saat yang tidak tepat
- C.
antara
peneliti dan narasumber belum saling mengenal
- D.
peneliti
tidak siap dengan daftar pertanyaan apa yang perlu disampaikan
- E.
narasumber
dan peneliti merasa terganggu
36. "Bagaimana keadaan pasar tempo dulu
dengan saat itu bu?" tanya Salma. Lalu ibu Yati menjawab "Keadaan
pasar tempo dulu dengan sekarang sangat jauh berbeda, waktu dulu tempat nya
sempit, tempatnya tidak memadai untuk melakukan transaksi jual beli karena
wilayah nya yang kurang luas sehingga
membuat orang berdesak desakan, kotor dan tidak mempunyai tempat parkir
sehingga membuat pengunjung parkit sembarangan dibandingkan dengan pasar saat
ini. Tetapi kebersihannya saat ini kurang karena ada banyak orang yang
menjadikan pasar sebagai lahan pembuangan sampah" ujar bu yati.
Berdasarkan deskripsi singkat dari laporan wawancara tersebut, masalah di pasar
yang perlu dievaluasi adalah ….
- A. perlu adanya fasilitas untuk mengelola sampah
pasar
- B. orang berdesak desakan
- C. pasar kotor dan tidak mempunyai tempat parkir
- D. orang-orang parkir sembarangan
- E. membuang sampah disembarang tempat
37. “Apakah dipasar ini ada punguatn restribusi?
Tanya Indra. “Ada jenis pungutan ada 2 macam yaitu bulanan untuk kios dengan harga Rp.56.000. Tetapi jika
pedangan kios menunggak atau tidak membayar berarti itu tanda mereka hutang dan
akan dijadikan satu dengan restribusi bulan depan. Dan cara kedua adalah harian
untuk pedangan lesehan perhari Rp 1000. Tetapi jika pedagang tersebut tidak
buka maka tidak akan ditarik pungutan restribusi” jawab pak Juremi. Untuk
memferivikasi data penelitian tersebut, yang perlu dilakukan peneliti adalah ….
- A. Mewawancari pegawai pasar tentang retribusi
pedagang kios dan pedagang lesehan
- B. Mengamati pedagang kios yang membayar bulanan
lebih mahal dibandingkan pedagang lesehan
- C. Mewawancarai pedagang yang nunggak bayar
bulanan dan harian
- D. Mengkroscek retrbusi pedagang kios dan
lesehan pada pedagang pasar yang berbeda
- E. Menanyakan ulang apakah informasi yang
disampaikan telah sesuai atau belum
38. "Saya tidak naik eklas, karena dianggap
terlalu berani melawan Guru Sosiologi. Saya dianggap tidak menurut. Itu alasan
guru saya tidak menaikkan saya,” jawab Danang. “Lha emangnya kamu salah apa di
mata guru Sosiologi,” tanya Peneliti. “Saat itu saya hanya membantah dan beda
pendapat saja tentang norma rokok.” Berdasarkan deskripsi laporan penelitian di
atas, langkah verifikasi data yang tepat
adalah ….
- A. mewawancarai guru sosiologi dan teman-teman
Danang perihal tersebut
- B. melakukan wawancara dengan para siswa tentang
benar tidaknya kejadian tersebut
- C. memutar cctv kelas yang merekam kegiatan
pembelajaran
- D. mengamati proses pembelajaran guru sosiologi
- E. mengamati keseharian Danang selama tiga bulan
39. "Niki regine pinten bu?" Tanya
temenku Tsania namanya. Ia sambil menunjuk singkong yang ada di samping Ibu
tersebut. "Niku selangkung ndok satune," jawab ibu Rukah. Teman-teman
yang lain sambil memperhatikan, Ia juga tidak lupa untun merekam dialoq
tersebut. Setelah itu kami para cowok-cowok memutuskan untuk memisahkan diri
dari kelompok para cewek lalu kami berusaha mencari
pedagang yang sekiranya memiliki wawasan untuk kami wawancarai dan kami
berhasil mewawancarai seorang pedagang es cendol. Berdasarkan laporan singkat
wawancara di atas, maksud dari deskripsi tersebut adalah ….
- A.
strategi
pengumpulan data harga dan jenis jajanan tradisional di pasar
- B.
membandingkan
harga jajanan singkong antar pedagang
- C.
menganalisis
ketersediaan jajanan di pasar tradisional
- D.
menyampaikan
harga jajanan yang ada di pasar, mulai dari jajanan singkon hingga es cendol
- E.
mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di
pasar tradisional
40. Karena game PUBG
ini sudah menjadi fenomena masyarakat, bahkan akibat dari game tersebut sudah
menimbulkan dampak negatif, maka akan segera dilakukan penelitian dan
pengkajian bersama-sama. Indikator dampak negatif untuk penelitian game PUBG
adalah ….
- A. perilaku sebelum dan setelah main game PUBG
- B. agresifitas pemikiran, emosi, perilaku, dan
empati
- C. tingkat depresi dan kecemasan
- D. pola makan dan minum
- E. ketaatan beribadah
KUNCI
JAWABAN
- 1.
A
- 2.
A
- 3.
A
- 4.
A
- 5.
A
- 6.
A
- 7.
A
- 8.
A
- 9.
A
- 10. A
- 11. A
- 12. A
- 13. A
- 14. A
- 15. A
- 16. A
- 17. A
- 18. A
- 19. A
- 20. A
- 21. A
- 22. A
- 23. A
- 24. A
- 25. A
- 26. A
- 27. A
- 28. A
- 29. A
- 30. A
- 31. A
- 32. A
- 33. A
- 34. A
- 35. A
- 36. A
- 37. A
- 38. A
- 39. A
- 40. A
Posting Komentar