Naskah Soal Penilaian Akhir Tahun dan Pembahasan Pada Materi Konflik Sosial dan Integrasi Sosial Kelas XI

Kamis, Mei 23, 2019
KOMPETENSI INTI  DAN KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI INTI

KI1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI3:   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR

3.4       Menganalisis potensi-potensi terjadinya konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat yang beragam serta penyelesaiannya
4.4       Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya
3.5       Menerapkan metode penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya
4.5        Merancang, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual



INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI DAN MATERI PEMBELAJARAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

IPK Kompetensi Pengetahuan

3.4.1.   mengidentifikasi indikator konflik sosial dan kekerasan yang terjadi dalam kehidupan masayaakat
3.4.2.   mengidentifikasi potensi-potensi terjadinya konflik sosial dan kekerasan dalam kehidupan bermasyarakat
3.4.3.   mengidentifikasi potensi-potensi terwujudnya integrasi sosial dalam kehidupan bermasyarakat
3.5.1.   Menganalisis pandangan tokoh tentang konsep integrasi sosial dalam mewujudkan kehidupan damai
3.5.2.   Menilai/ mengevaluasi pandangan tokoh tentang konsep integrasi sosial dan relevansi terhadap masalah-masalah sosial kekinian dalam mewujudkan kehidupan damai
3.5.3.   Mengkreasikan/ mencipta konsep integrasi sosial untuk menjawab masalah-masalah sosial kekinian dalam mewujudkan kehidupan damai

IPK Kompetensi Keterampilan

4.4.1.   Menelaah indikator masalah konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya
4.4.2.   Mengamati masalah konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya dengan indikator masalah sosial
4.4.3.   Mendiskusikan hasil pengamatan tentang konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya
4.5.1.   Menentukan masalah sosial kekinian dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.2.   Mengeksplorasi masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.3.   Merencanakan solusi masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.4.   Melaksanakan rencana penyelesaian masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.5.   Memeriksa dan mengevaluasi solusi penyelesaian masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.6.   Mengevaluasi solusi penyelesaian masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.7.   Mempromosikan di ruang publik dari solusi penyelesaian masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai

Sumber: Diadaptasikan dari Silabus Mapel Sosiologi (BNSP, 2016) dan pengembangan gagasan Penulis.

MATERI PEMBELAJARAN
3.         Konflik, kekerasan, dan upaya penyelesaiannya
4          Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan




NASKAH SOAL

1.      Stok bawang merah berlebih lantaran petani melakukan penanaman bawang merah yang tidak disesuaikan dengan waktu pola tanam dengan petani lain. Akibatnya panen bawang terjadi bersamaan sehingga pasokan berlebih. Dampak konflik yang akan terjadi adalah …


  • A.    harga bawang dipasaran akan turun dan petani bawang mengalami rugi
  • B.    pedagang pestisida akan mengurangi produksinya
  • C.    pedagang pupuk mendapatkan keuntungan yang besar
  • D.    pemerintah akan melakukan import pada saat petani bawang demo
  • E.    pejabat pertanian akan melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga

2.      John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin melihat konflik sebagai bagian dari proses interaksi sosial manusia yang saling berlawanan (oppositional process). Maksud dari pandangan John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin adalah…


  • A.    konflik adalah bagian dari sebuah interaksi sosial yang terjadi karena adanya perbedaan fisik, kebudayaan, dan perilaku
  • B.     adanya perasaan primordial yang kuat sehingga memunculkan konflik
  • C.     konflik akan menghasilkan dampak positif dan negatif dalam masyarakat
  • D.    konflik merupakan hal yang wajar dalam kehidupan bermasyarakat
  • E.     konflik merupakan suatu bentuk pertahanan dari suatu kelompok minoritas terhadap kelompok mayoritas

3.      Menjelang tahun baru harga cabai rawit mengalami kenaikan harga cabai rawit yg dulu 40 ribu per kilo menjadi 60 ribu per kilo jadi kenaikan harga cabai rawit 20 ribu. Selain cabai rawit daung bawang juga mengalami kenaikan harga sekarang 25 ribu per kilo, sehingga konsumen mengurangi porsi beli karena kenaikan harga. Dampak konflik yang akan terjadi adalah ….


  • A.    kenaikan harga akan membuat pembeli mengurangi porsi beli yang menimbulkan kerugian bagi petani cabai penjual cabai rawit karena kenaikan harga membuat konsumen berkurang
  • B.     harga cabai naik mendekati tahun baru
  • C.     kenaikan cabai rawit mencapai 20 ribu per kilo
  • D.    bukan hanya cabai merah yg mengalami kenaikan daung bawang juga mengalami kenaikan harga
  • E.     akibatnya konsumen mengurangi porsi beli

4.      TNI menanam pagar paksa seiring penuntutan warga trasmigran untuk mendapatkan sertifikat tanahnya. Dampak konflik tersebut adalah warga jadi berurusan sama TNI dan pemerintah dan warga. Akhir cerita, konflik tersebut dapat di selesaikan dengan mendata masyarakat yang mempunyai sertifikat dan warga yang sudah terdaftar, supaya lebih terpercaya dan sudah tidak ada masalah lagi. Aktor konflik yang terlibat dalam kasus….


  • A.    TNI / polri, petani, masyarakat, warga transmigrasi, dan pemerintah
  • B.     TNI / polri, petani, warga transmigrasi, dan pemerintah
  • C.     POLRI, petani, masyarakat, warga transmigrasi, dan pemerintah
  • D.    TNI, petani, masyarakat, warga transmigrasi, dan pemerintah
  • E.     TNI / polri, petani, masyarakat, dan warga transmigrasi

5.      Fanatisme suku bangsa atau primordialisme yang terlalu berlebihan akan menghasilkan sebuah pandangan subjektif pada pihak lain. Hal tersebut merupakan hakikat dari….


  • A.    Primordialisme
  • B.     Diferensiasi
  • C.     Stratifikasi
  • D.    Etnosentrisme
  • E.     Sektarian

6.      Pada saat pemilihan  presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mewakili partai agama dan Megawati Soekarnoputri mewakili PDIP (Nasionalis), kekalahan Megawati dalam pemilihan presiden menimbulkan perlawanan bagi pendukunya,  dan akhirnya Gus Dur menyakinkan semua pihak agar menjadikan Megawati sebagai wakilnya. Adanya konflik antara gustur dan Berbagai Partai terutama partai Golkar, Gus Dur menonaktifkan sejumlah Menteri Seperti Jusuf Kalla dan laksmana Sukardi dan memberhentikan TNI dan KAPOLRI. Namun tak lama kemudian, Gus Dur dituduh Korupsi terutama pada Brunai get dan Bulog get. Namun tidak ada Satupun yg dapat membuktikan bahwa tuduhan tersebut benar. Sebab dan akar konflik dari hal tersebut adalah …


  • A.    Gus Dur menonaktifkan atau memperhentikan sejumlah Menteri, TNI, dan Kapolri
  • B.     Tidak terpilihnya Megawati menjadi Presiden
  • C.     diangkatnya Megawati menjadi wakil presiden
  • D.    diadakan sidang istimewa oleh MPR Namun menimbulkan perlawanan bagi pendukung Gus Dur
  • E.     diberhentikannya Gus Dur dan diangkatnya Megawati Soekarnoputri menjadi presiden

7.      Sejak pergantian Orde Baru ke masa Reformasi, daerah-daerah di Indonesia mengalami banyak peristiwa yang meresahkan bahkan cenderung bersifat anarkhis yang mengarah disintegrasi bangsa. Konflik-konflik sosial dimulai dari pertikaian antar etnik, antar agama sampai kerusuhan sosial yang telah menghancurkan kehidupan masyarakat bukan saja material tetapi juga perekonomian dalam skala luas. Semua peristiwa tersebut tentu saja akan berdampak buruk pada ketahanan wilayah bahkan integritas bangsa. Berdasar kasusu tersebut, selaku generasi muda, hal yang perlu dilakukan agar tetap tercipta integrasi sosial dalam kehidupan bermasyarakat adalah …


  • A.    memajukan pergaulan rukun dan damai demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika
  • B.     mengembangakan rasa bangga berbangga dan bertanah air Indonesia
  • C.     meningkatkan kesadaran rakyat akan pentingnya menjaga keutuhan wilayah negara
  • D.    rela bekorban untuk kepentingan bangsa dan negara
  • E.     menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengikat integrasi bangsa

8.      Perhatikan gambar berikut ini!



Sosialisasi tentang hidup rukun dan hidup damai merupakan keniscahyaan untuk masyarakat Indonesia. Karena nilai-nilai sosial hidup rukun dan damai adalah kebutuhan yang sangat mendasar dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, perlu kiranya selalu direproduksi nilai-nilai kerukunan dan kedamaian dalam keseharian. Pada kesempatan kali ini, dipilihlah padi ikat yang memiliki pesan dan makna tentang kerukunan dan perdamaian. Langkah memilih padi ikat menjadi media kearifan lokal dalam membumikan konsep integrasi sosial karena …

  • A.    kumpulan batang padi sebagai representasi hidup rukun dan damai tanpa membeda-bedakan satu sama yang lain
  • B.     setiap bulir padi memiliki harapan hidup sejahtera di masa yang akan datang
  • C.     integrasi sosial adalah kontrak sosial masyarakat bangsa Indonesia
  • D.    padi ikat adalah bhinneka tunggal ika
  • E.     sesuai dengan falsafah bangsa Indonesia yaitu semakin tua semakin matang

9.      Konflik itu terjadi ketika sewa tanah yang dilakukan pemerintahan kolonial yang berkepanjangan dan akibat keegoisan pemerintah kolonial untuk mengambil hasil bumi petani, membuat Pangeran Diponegoro marah. Kegeraman ini bertambah saat kediamanya di Tegalrejo dibakar habis , 20 Juli 1825. Atas perintah Residen Yogjakarta Hendrik Mischert dibantu keraton yang bersekutu dengan Belanda , Pangeran lolos dari sergapan Belanda, dan kejahatan tragis itu Diponegoro akhirnya bertekad menyerang Belanda tanpa ampun. Aktor dari konflik tersebut adalah ….


  • A.    Pangeran Diponegoro, Hendrik Mischert, dan Keraton Yogyakarta
  • B.     Pangeran Diponegoro dan Bendoro Raden Mas Mustahar 
  • C.     Bendoro Raden Mas Mustahar dan Hendrik Mischert
  • D.    Hendrik Mischert dan Pangeran Diponegoro
  • E.     Keraton Yogyakarta dan Hendrik Mischert

10.  Sebagai proses sosial, konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu yang terlibat dalam suatu interaksi. Pada prinsipnya penyebab terjadinya konflik adalah…
A.    Apabila seseorang atau sekelompok orang terhalang upayanya dalam mencapai tujuan
B.     Adanya pihak-pihak yang sengaja menciptakan konflik agar tercapainya suatu tujuan tertentu
C.     Apabila kelompok mayoritas mendiskriminasi kelompok minoritas
D.    Adanya kemampuan untuk mengendalikan suatu masyarakat
E.     Menciptakan situasi yang diinginkan oleh sekelompok orang

11.  Etnosentrisme merupakan pandangan yang lebih bersifat subjektif karena hanya didasarkan pada…
A.    Perasaan dan bukan berdasarkan pemikiran rasional
B.     Perasaan dan logika bersama
C.     Pemikiran rasional dan pertimbangan
D.    Diskriminasi dan ketidakadilan
E.     Rasa cinta yang berlebihan terhadap sesuatu

12.  Dalam sejarah, tentu kita mengenal adanya politik Apartheid, yaitu masyarakat menganggap bahwa kulit putih lebih tinggi derajatnya daripada masyarakat kulit hitam. Mereka melakukan diskriminasi dan segregasi yang berlaku dalam kehidupan. Berdasarkan kasus tersebut, fenomena sosial yang terjadi adalah…
A.    Rasisme
B.     Primordialisme
C.     Etnosentrisme
D.    Fasisme
E.     Sektarian

13.  Keadaan ketika sebuah kelompok atau organisasi tertentu dikelilingi oleh sejumlah organisasi masa, baik formal maupun informal dengan tali pengikat antara kelompok dan organisasi ini adalah ideologi atau aliran disebut….
A.    Politik aliran
B.     Fasisme
C.     Primordialisme
D.    Rasisme
E.     Etnosentrisme

14.  Perhatikan dampak-dampak berikut
1) Dapat menjaga keutuhan dan kestabilan budaya
2) Terciptanya keadilan dalam masyarakat
3) Dapat menciptakan masyarakat yang tertib dan teratur
4) Dapat mempertinggi semangat patriotisme dan kesetiaan kepada bangsa
5) Dapat memperteguh rasa cinta terhadap kebudayaan atau bangsa
Dampak positif etnosentrisme ditunjukkan nomor….
A.    1), 4), dan 5)
B.     1), 2), dan 3)
C.     1), 3), dan 4)
D.    2), 3), dan 5)
E.     3), 4), dan 5)

15.  Sekitar tahun 2000 an di desa sialang buah,sumatra Utara kurang lebih 50 orang perempuan menjadi janda karena perselisihan antara nelayan tradisional dan kapal pukat harimau (trawl) dan kejadian itu membuat trauma bagi mereka. Seperti yang dialami ibu Masniari istri seorang nelayan tradisional. Suaminya dulu bekerja sebagai nelayan tradisional.suaminya meninggal akibat kecelakaan di tabrak oleh kapal pukat harimau (trawl). Akibat kejadian itu membuat trauma bagi mereka saat melaut.  Indikator konflik yang terdapat pada deskripsi tersebut adalah ….


  • A.    bidang konflik, sebab dan akar konflik, aktor konflik, proses konflik, dan dampak konflik
  • B.     bidang konflik, sebab dan akar konflik, aktor konflik, proses konflik, dampak konflik, dan penyelesaian konflik
  • C.     sebab dan akar konflik, aktor konflik, proses konflik, dampak konflik, dan penyelesaian konflik
  • D.    aktor konflik, proses konflik, dampak konflik, dan penyelesaian konflik
  • E.     bidang konflik, aktor konflik, proses konflik, dampak konflik, dan penyelesaian konflik

16.  Dalam film documenter yang berjudul Garam Ku Tak Asin Lagi (rilis tahun 2016), garam yang ada di Aceh berasal dari Yordania, Vietnam, India, Pakistan, dan Banglades. Dahulu garam Aceh laku keras dipasaran, petani garam cukup mudah mendapat uang 50.000 hingga 100.000 per hari. Namun sekarang hanya tinggal cerita. Masalah tersebut kemudian di respon oleh Pemerintah dengan melakukan pelatihan produk garam di Madura, tetapi program tidak berjalan, karena yang ikut serta bukan orang yang dipilih sebelumnya. Indikator konflik pertanian garam tersebut disebabkan oleh ….


  • A.    pelatihan garam yang diselenggarakan pemerintahantidak serius dan terkesan asal-asalan saja
  • B.     garam masyarakat tanah Aceh tidak terasa asin lagi sehingga tidak laku dipasaran
  • C.     garam masyarakat tanah Aceh tidak beryodium sehingga tidak sesuai standar
  • D.    garam menumpuk di gubuk, petani garam tidak berpendapatan, dan tidak mampu melanjutkan pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi
  • E.     pemerintah harus mengalirkan air laut ke ladang produksi

17.  Perhatikan contoh konflik sosial!
(1)   pemerintah merelokasi paksa warga yang tinggal di jalur hijau setelah sebelumnya dihimbau pindah sendiri namun tidak dihiraukan
(2)   Pengusaha perkebunan membayar preman untuk memaksa warga pergi dari lokasi huniannya karena akan digunakan sebagai peluasan kebun
(3)   Pemerintah daerah merelokasi para pedagang yang berjualan di trotoar jalan ke pasar yang telah disediakan
 Pemecahan masalah konflik sosial di atas menggunakan cara koersi, karena .....

A.    pihak yang lemah tidak mampu menghadapi kekuasaan pihak yang lebih kuat
B.     semua pihak yang berkonflik karena tidak ada yang mau mengurangi tuntutan
C.     masing-masing yang berkonflik menunjuk pihak ketiga dalam memecahkan masalah
D.    menempuh jalur hukum ketika cara lain sudah tidak efektif dilakukan
E.     praktik memihak pihak lain untuk berperilaku spontan

18.  Dua kelompok yang berbeda budaya terlibat konflik tradisional. Setelah dilakukan upaya untuk mempertemukan para tokoh dari kedua pihak, akibatnya disepakati langkah bersama untuk berdamai membangun harmoni sosial. Deskripsi tersebut menunjukkan proses ….

  1. akomodasi menuju integrasi sosial
  2. konflik sosial tradisional yang sangat sulit diatasi
  3. konflik budaya menghambat harmoni sosial
  4. konflik sosial menjadi integrasi sosial
  5. akomodasi untuk menyelesaikan konflik

19.  Perhatikan gambar di bawah ini!


Berdasarkan gambar tersebut, kalimat yang tepat untuk sebuah poster bertemakan ajudikasi adalah ….

  1. lindungi anak-anak kita
  2. sayangilah anak-anak
  3. berbuatlah baik antar sesama
  4. neraka bagi mereka yang mengeksploitasi anak
  5. penjarakan para pekerja seksual

20.  Perhatikan kasus sosial berikut ini!



Maraknya berdirinya hotel, salah satu konflik sosial yang muncul adalah tentang permasalahan kebutuhan air. Beberapa sumber mata air hilang dikarenakan banyak dibangunnya bangunan-bangunan seperti gedung dan hotel menyedot air dalam. Dampaknya kemudian adalah para warga kesulitan untuk mencari kebutuhan air bersih. Untuk merespon hal tersebut, terdapat masyarakat yang melakukan unjuk rasa dengan melakukan mandi dengan pasir sebagai rasa protes dari penyedotan air dalam oleh hotel. Berdasarkan kasus di atas, upaya penyelesaikan yang tepat adalah ….

  • A.    mediasi
  • B.     abitrasi
  • C.     konsiliasi
  • D.    ajudikasi
  • E.     eliminasi

21.  Beberapa anak muda sedang mempresentasi hasil pengamatan tentang kemacetan di perkotaan. Salah satu temuan yang menjadi perhatian penting adalah adanya kecenderungan berperilaku melawan norma lalu lintas. Dari tindakan tersebut, fungsi mempublikasi hasil pengamatan adalah ….


  • A.    media untuk penjabaran dari suatu temuan pengamatan yang mampu memberikan pemahaman suatu masalah dan solusinya
  • B.     sebagai bahan paparan suatu pokok bahasan inti
  • C.     kesan lebih eksklusif karena melibatkan alat presentasi
  • D.    audience biasanya akan lebih jelas jika disertai dengan media gambar dari presentasi itu sendiri
  • E.     Memupuk mental yang ada dalam diri dalam menyampaikan presentasi

22.  Perhatikan gambar berikut ini!


Ia adalah sosiolog. Ia berpandangan, konflik dapat merupakan proses yang bersifat instrumental dalam pembentukan, penyatuan dan pemeliharaan struktur sosial. Konflik dapat menempatkan dan menjaga garis batas antara dua atau lebih kelompok. Ia juga membagi konflik dalam dua bentuk, yaitu konflik realistik dan konflik non realistis. Sosiolog tersebut bernama ….

  • A.    Lewis A. Coser
  • B.     Ibu Kaldun
  • C.     Ralf Dahrendorf
  • D.    Karl Marx
  • E.     Thomas Hobbes

23.  Perhatikan gambar berikut ini!



Ia perpandangan bahwa masyarakat mempunyai dua wajah yakni konflik dan konsensus. Sosiolog ini meyakini bahwa setelah kelompok konflik muncul, kelompok itu melakukan tindakan yang melakukan perubahan dalam struktur sosial. Bila konflik itu hebat, perubahan yang terjadi adalah radikal. Bila konflik disertai dengan tindakan kekerasan maka akan terjadi perubahan struktur secara tiba-tiba. Ia juga membedakan kelompok menjadi tiga jenis, yaitu kelompok semu, kelompok kepentingan, dan kelompok konflik. Sosiolog tersebut bernama ….

  • A.    Ralf Dahrendorf
  • B.     Ibu Kaldun
  • C.     Karl Marx
  • D.    Lewis A. Coser
  • E.     Thomas Hobbes


24.  Perhatikan gambar berikut ini!




Ia adalah sosiolog sejati. Hal ini didasarkan pada pernyataannya tentang beberapa prinsip pokok untuk menafsirkan peristiwa-peristiwa sosial dan peristiwa-peristiwa sejarah. Prinsip yang sama juga dijumpai dalam analisis Ibnu Khaldun terhadap timbul dan tenggelamnya Negaranegara. Sosiolog tersebut bernama ….

  • A.    Ibu kaldun
  • B.     Ralf dahrendorf
  • C.     Karl marx
  • D.    Lewis a. coser
  • E.     Thomas hobbes
25.  Perhatikan cerita di bawah ini !

Paniling tak menyangka akan terjadi kerusuhan, pagi itu dia pergi bekerja dari rumahnya di Solo ke Boyolali seperti biasa. Sore hari dia mendapatkan telepon dari tetangganya agar dirinya jangan pulang ke rumahnya dulu. "Saya lantas ngungsi di tempat teman saya di Fajar Indah," kata dia. Esok harinya Panailing pun kembali ke rumahnya, "Kok pintu rumah sudah dijebol semua, kondisi rumah sudah berantakan semua," ungkap dia, uang yang disimpan dilaci rumahnya pun hilang. Tak hanya pintu yang dijarah, seisi rumah ikut ludes dijarah oleh kerumanan massa saat kerusuhan berlangsung. Sepeda motor kesayangannya, pun tak luput dibakar oleh massa di jalan depan rumah. Dari cerita tersebut, penyebab konflik sosial adalah ….

  • A.    Politik
  • B.     Kecemburuan ekonomi
  • C.     Sosial
  • D.    Budaya
  • E.     Agama

26.  Perhatikan pandangan tokoh tentang konsep integrasi sosial berikut ini!

Nama tokoh 
Pendangan tokoh
Nazaruddin Syamsudin (1989)
integrasi berfungsi untuk menjaga kepentingan negara dari sebuah konsensus bersama

Sunyoto Usman (1995)
integrasi terwujud karena atas dasar kesadaran untuk memelihara dan menjaga keseimbangan, bukan karena hilangnya dan atau menghilangkan diferensiasi
Durkehim (Johnson, 1986)
saling ketergantungan dapat melahirkan integrasi sosial .

Zalbi Ikhsan (2000)
motivasi agama dan budaya dapat mendorong proses integasi sosial
Retnowati (2014)
kearifan lokal merupakan modal sosial dalam mewujudkan integrasi sosial
Pandangan tokoh yang cocok untuk membangun konsep integrasi sosial berbasis sosial budaya adalah ….

  • A.    Retnowati
  • B.     Nazaruddin Syamsudin
  • C.     Sunyoto Usman
  • D.    Erni Budiwanti
  • E.     Zalbi Ikhsan

27.  Kala itu terdapat dua calon kepala desa. Hasil dari pemilihan kepala desa, salah satu dari mereka terpilih menjadi kepala desa. Usai pemilihan, calon yang terpilih berusaha menggandeng calon satunya. Dan calon yang tidak terpilih, bergegas memberi ucapan selamat kepada pemenangnya. Perilaku politik berdemokrasi tersebut merupakan bagian dari konsep integrasi sosial yaitu ….


  • A.    Kontrak sosial
  • B.     Norma sosial
  • C.     Kontrak politik
  • D.    Nilai sosial
  • E.     Tindakan sosial

28.  Dalam setiap pawai tujuh belas agustusan, semua elemen masyarakat menampilkan pentas kerukunan dan perdamaian antar sesama. Ragam carnival dipentaskan di jalanan. Terdapat carnival batik, tarian budaya, gunungan agung, hingga atraksi heroik lainnya.  Dalam pentas pawai tujuhbelasan tersebut, pesan besar yang disampaikan adalah terwujudnya integrasi sosial yang nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari kegiatan tersebut menunjukkan proses integrasi dalam bentuk ….


  • A.    proses identifikasi
  • B.     proses interaksi
  • C.     proses kerjasama
  • D.    proses akomodasi
  • E.     proses asimilasi


29.  Selama       ini pembangunan pertanian Indonesia hanya memberikan bayang semu kesejahteraan petani. Hal tersebut terekam dalam dinamika pembangunan pertanian sejak era kolonial sampai sekarang. Petani menjadi obyek pembangunan pertanian yang didalamnya terdapat pembajakan elite (elite capture) untuk kepentingan politik sesaat yang menciptakan baying-bayang semu kesejahteraan petani. Berdasarkan dinamika kebijakan pertanian tersebut, aktor dalam konflik sosial pertanian di Indonesia adalah ….


  • A.    Elit
  • B.     Pemerintah
  • C.     Penguasa
  • D.    Pengusaha
  • E.     Politisi

30.  Lahan pertanian yang telah rusak akibat penggunaan pupuk pabrik berlebih, membuat produktivitasnya menurun drastis hal ini menjadi penyebab banyaknya petani di kawasan potensial lebih memilih menjual lahan pertaniannya untuk kepentingan kapitalistik (pabrik maupun perumahan). Berdasarkan dinamika kebijakan pertanian tersebut, penyebab dalam konflik sosial pertanian Indonesia adalah ….


  • A.    Penggunaan pupuk kimia
  • B.     Tanah tidak subur
  • C.     Berdirinya pabrik
  • D.    Buruh gajinya besar
  • E.     Tingginya harga tanah

31.  Dalam dekade terakhir ini terjadi konflik sosial di Myanmar adalah fenomena genosida. Upaya pembasmian orang Rohingya yang disebabkan oleh multi faktor; agama, teritori, ras, suku, etnis dan kepentingan lainnya. Secara agama kelompok Rohingya berbeda dengan penduduk asli Myanmar yang mayoritas Hindu, sedangkan secara etnis/suku mereka adalah orang-orang keturunan Indian dan China. Mereka sebagai pendatang baru dianggap akan mengganggu kepentingan penduduk asli atas dasar kedaulatan negara mereka. Terjadinya konflik tersebut dilatarbelakangi oleh adanya ….


  • A.    Perbedaan Identitas
  • B.     Transformasi Konflik
  • C.     Kesalahpahaman Antarbudaya
  • D.    Negosiasi Prinsip
  • E.     Hubungan Masyarakat

32.  Pada 18 Februari 2001 saat empat anggota keluarga Madura, Matayo, Haris, Kama dan istrinya, tewas dibunuh. Warga Madura lantas mendatangi rumah milik suku Dayak bernama Timil yang dianggap telah menyembunyikan si pembunuh. Massa meminta agar Timil menyerahkan pelaku pembunuhan itu. Karena permintaan mereka tidak dituruti, massa marah dan membakar rumah. Insiden malam itu dapat dihentikan polisi. Sayang, pembakaran terus meluas ke rumah-rumah lainnya. Penyebab konflik tersebut adalah …


  • A.    Perbedaan Identitas
  • B.     Transformasi Konflik
  • C.     Kesalahpahaman Antarbudaya
  • D.    Negosiasi Prinsip
  • E.     Hubungan Masyarakat

33.  Konflik Maluku adalah konflik kekerasan dengan latar belakang perbedaan agama yakni antara kelompok Islam dan Kristen. Konflik Maluku disebut menelan korban terbanyak yakni sekitar 8-9 ribu orang tewas. Selain itu, lebih dari 29 ribu rumah terbakar, serta 45 masjid, 47 gereja, 719 toko, 38 gedung pemerintahan, dan 4 bank hancur. Rentang konflik yang terjadi juga yang paling lama, yakni sampai 4 tahun. Solusi yang ambil adalah dengan cara melakukan pembinaan masyarakat untuk mengembangkan "emas hijau" dan "emas biru" Maluku. Emas hijau mengacu kepada kekayaan rempah-rempah, sementara emas biru mengacu kepada kekayaan sumber daya kelautan di kepulauan Maluku. Pendekatan yang tepat untuk mengatasi konlfik tersebut adalah ….


  • A.    Pendekatan kesejahteraan
  • B.     Pendekatan keamanan
  • C.     Pendekatan agama
  • D.    Pendekatan seni
  • E.     Pendekatan pendidikan

34.  Sewaktu liburan sekolah, Syafrizal mengunjungi tempat wisata bahari di Rembang, Jawa Tengah. Berbagai informasi yang diterima Syafrizal tentang keberadaan wisata bahari tersebut berkaitan dengan hidup rukun dan toleran. Saat ada penugasan untuk melakukan penelitian, Syafrizal tertarik untuk menjadikan wisata laut Rembang sebagai topik penelitiannya. Dia mengumpulkan informasi dengan cara wawancara dan pengamatan yang berkaitan dengan topik penelitian tersebut. Selaian dari buku, data juga didapatkan dari berbagai media lainnya. Berdasarkan metodenya, jenis penelitian pada ilustrasi tersebut adalah penelitian ....


  • A.    deskriptif
  • B.     survei
  • C.     dokumen
  • D.    terapan
  • E.     lapangan

35.  Kami melakukan wawancara dengan tidak semangat karena para pengunjung di pasar sapi merasa terganggu dengan kedatangan kami. Kami di marahi oleh pengunjung pasar bahkan kami disuruh untuk pergi jauh dari pasar sapi. Tapi kami mengabaikan perkataan itu, kami tetap melanjutkan wawancara. Disana saya dan kelompok saya berwawancara dengan bapak Mijan. Dengan tatapan matanya yang tajam, Ia menjawab semua pertanyaan dari kelompok saya. Akhirnya kamipun mendapatkan informasi yang cukup banyak tentang masalah-masalah pasar. Berdasarkan proses penelitian di atas, penyebab munculnya masalah saat penelitian tersebut adalah ….


  • A.    peneliti kurang jeli tentang kapan melakukan wawancara saat di pasar sapi
  • B.     penelitian di lakukan pada saat yang tidak tepat
  • C.     antara peneliti dan narasumber belum saling mengenal
  • D.    peneliti tidak siap dengan daftar pertanyaan apa yang perlu disampaikan
  • E.     narasumber dan peneliti merasa terganggu

36.  "Bagaimana keadaan pasar tempo dulu dengan saat itu bu?" tanya Salma. Lalu ibu Yati menjawab "Keadaan pasar tempo dulu dengan sekarang sangat jauh berbeda, waktu dulu tempat nya sempit, tempatnya tidak memadai untuk melakukan transaksi jual beli karena wilayah nya yang kurang luas sehingga membuat orang berdesak desakan, kotor dan tidak mempunyai tempat parkir sehingga membuat pengunjung parkit sembarangan dibandingkan dengan pasar saat ini. Tetapi kebersihannya saat ini kurang karena ada banyak orang yang menjadikan pasar sebagai lahan pembuangan sampah" ujar bu yati. Berdasarkan deskripsi singkat dari laporan wawancara tersebut, masalah di pasar yang perlu dievaluasi adalah ….


  • A.    perlu adanya fasilitas untuk mengelola sampah pasar
  • B.     orang berdesak desakan
  • C.     pasar kotor dan tidak mempunyai tempat parkir
  • D.    orang-orang parkir sembarangan
  • E.     membuang sampah disembarang tempat

37.  “Apakah dipasar ini ada punguatn restribusi? Tanya Indra. “Ada jenis pungutan ada 2 macam yaitu bulanan untuk kios dengan harga Rp.56.000. Tetapi jika pedangan kios menunggak atau tidak membayar berarti itu tanda mereka hutang dan akan dijadikan satu dengan restribusi bulan depan. Dan cara kedua adalah harian untuk pedangan lesehan perhari Rp 1000. Tetapi jika pedagang tersebut tidak buka maka tidak akan ditarik pungutan restribusi” jawab pak Juremi. Untuk memferivikasi data penelitian tersebut, yang perlu  dilakukan peneliti adalah ….


  • A.    Mewawancari pegawai pasar tentang retribusi pedagang kios dan pedagang lesehan
  • B.     Mengamati pedagang kios yang membayar bulanan lebih mahal dibandingkan pedagang lesehan
  • C.     Mewawancarai pedagang yang nunggak bayar bulanan dan harian
  • D.    Mengkroscek retrbusi pedagang kios dan lesehan pada pedagang pasar yang berbeda
  • E.     Menanyakan ulang apakah informasi yang disampaikan telah sesuai atau belum

38.  "Saya tidak naik eklas, karena dianggap terlalu berani melawan Guru Sosiologi. Saya dianggap tidak menurut. Itu alasan guru saya tidak menaikkan saya,” jawab Danang. “Lha emangnya kamu salah apa di mata guru Sosiologi,” tanya Peneliti. “Saat itu saya hanya membantah dan beda pendapat saja tentang norma rokok.” Berdasarkan deskripsi laporan penelitian di atas, langkah verifikasi data yang tepat adalah ….


  • A.    mewawancarai guru sosiologi dan teman-teman Danang perihal tersebut
  • B.     melakukan wawancara dengan para siswa tentang benar tidaknya kejadian tersebut
  • C.     memutar cctv kelas yang merekam kegiatan pembelajaran
  • D.    mengamati proses pembelajaran guru sosiologi
  • E.     mengamati keseharian Danang selama tiga bulan

39.  "Niki regine pinten bu?" Tanya temenku Tsania namanya. Ia sambil menunjuk singkong yang ada di samping Ibu tersebut. "Niku selangkung ndok satune," jawab ibu Rukah. Teman-teman yang lain sambil memperhatikan, Ia juga tidak lupa untun merekam dialoq tersebut. Setelah itu kami para cowok-cowok memutuskan untuk memisahkan diri dari kelompok para cewek lalu kami berusaha mencari pedagang yang sekiranya memiliki wawasan untuk kami wawancarai dan kami berhasil mewawancarai seorang pedagang es cendol. Berdasarkan laporan singkat wawancara di atas, maksud dari deskripsi tersebut adalah ….


  • A.    strategi pengumpulan data harga dan jenis jajanan tradisional di pasar
  • B.     membandingkan harga jajanan singkong antar pedagang
  • C.     menganalisis ketersediaan jajanan di pasar tradisional
  • D.    menyampaikan harga jajanan yang ada di pasar, mulai dari jajanan singkon hingga es cendol
  • E.     mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di pasar tradisional


40.  Karena game PUBG ini sudah menjadi fenomena masyarakat, bahkan akibat dari game tersebut sudah menimbulkan dampak negatif, maka akan segera dilakukan penelitian dan pengkajian bersama-sama. Indikator dampak negatif untuk penelitian game PUBG adalah ….


  • A.    perilaku sebelum dan setelah main game PUBG
  • B.     agresifitas pemikiran, emosi, perilaku, dan empati
  • C.     tingkat depresi dan kecemasan
  • D.    pola makan dan minum
  • E.     ketaatan beribadah

KUNCI JAWABAN




  • 1.      A
  • 2.      A
  • 3.      A
  • 4.      A
  • 5.      A
  • 6.      A
  • 7.      A
  • 8.      A
  • 9.      A
  • 10.  A
  • 11.  A
  • 12.  A
  • 13.  A
  • 14.  A
  • 15.  A
  • 16.  A
  • 17.  A
  • 18.  A
  • 19.  A
  • 20.  A
  • 21.  A
  • 22.  A
  • 23.  A
  • 24.  A
  • 25.  A
  • 26.  A
  • 27.  A
  • 28.  A
  • 29.  A
  • 30.  A
  • 31.  A
  • 32.  A
  • 33.  A
  • 34.  A
  • 35.  A
  • 36.  A
  • 37.  A
  • 38.  A
  • 39.  A
  • 40.  A




Post Advertisement
Post Advertisement