Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan 3.5 dan 4.5 Mapel Sosiologi Kelas XI Semester II

Kamis, April 11, 2019

Kompetensi Dasar 

3.5.  Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat
4.5.  Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar

Materi Pembelajaran


Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan
  •  Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial
  • Perdamaian dan integrasi atau kohesi sosial
  •  Pemulihan (recovery), rehabilitasi, reintegrasi dan transformasi sosial
  • Reintegrasi dan koeksistensi sosial dalam kehidupan damai di masyarakat

Kegiatan Pembelajaran
  • Mengamati dan mendiskusikan upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat 
  • Mengembangkan sikap kritis dan kepekaan terhadap konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat untuk menemukan faktor pendorong dan penghambat tercapainya integrasi dan reintegrasi sosial
  • Merancang penelitian sosial menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan  mewujudkan perdamaian dan kehidupan msyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi kebutuhan , analisis kepentingan dan pemecahan masalah dengan mengajukan rekomendasi  
  • Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan hasil pemetaan  tentang upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk memperkuat kesadaran diri dan tanggung jawab publik  sebagai upaya mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat 
  • Menyajikan hasil pemetaan tentang upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya penyelesaian konflik dan mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat dalam  berbagai bentuk, seperti laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca. 
  • Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dan menumbuhkan sikap serta tanggungjawab bersama dalam melakukan integrasi dan reintegrasi sosial untuk  mewujudkan kehidupan yang damai di masyarakat 
baca juga: Masalah Sosial Kemiskinan 
baca juga: KI KD IPK Integrasi Sosial 
baca juga: Kompetensi Dasar Integrasi Sosial 
baca juga: Model PjBL 

Sumber: Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sosiologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal: 19-20
Post Advertisement
Post Advertisement