KI KD IPK Materi Integrasi Sosial Mapel Sosiologi Kelas XI Semester II

Kamis, April 11, 2019

Kompetensi Inti (KI)

KI. 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI. 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI. 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan 

Kompetensi Dasar (KD)

3.5.  Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat
4.5.  Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

IPK Kompetensi Pengetahuan

3.5.1. Menganalisis pandangan tokoh tentang konsep integrasi sosial dalam mewujudkan kehidupan damai
3.5.2. Menilai/ mengevaluasi pandangan tokoh tentang konsep integrasi sosial dan relevansi terhadap masalah-masalah sosial kekinian dalam mewujudkan kehidupan damai
3.5.3. Mengkreasikan/ mencipta konsep integrasi sosial untuk menjawab masalah-masalah sosial kekinian dalam mewujudkan kehidupan damai

IPK Kompetensi Keterampilan

4.5.1. Menentukan masalah sosial kekinian dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.2. Mengeksplorasi masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.3. Merencanakan solusi masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.4. Melaksanakan rencana penyelesaian masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.5. Memeriksa dan mengevaluasi solusi penyelesaian masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.6. Mengevaluasi solusi penyelesaian masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai
4.5.7. Mempromosikan di ruang publik dari solusi penyelesaian masalah sosial kekinian dengan pendekatan penelitian kualitatif dalam mewujudkan kehidupan damai

baca juga: Masalah Sosial Kekinian 
baca juga: Kompetensi Dasar Integrasi Sosial 
baca juga: Model PjBL 

Sumber: Diadaptasikan dari Silabus Mapel Sosiologi (BNSP, 2016) dan pengembangan gagasan penulis

Post Advertisement
Post Advertisement